#linimassa2 by @internetsehat

Alunan lagu “Maluku Tanah Pusaka” yang dibawakan oleh Glen Fredly, mengawali sebuah film yang berjudul “@linimassa 2“. Disambung dengan ulasan berita berbagai media yang mengabarkan peristiwa yang mencekam dari ujung timur Indonesia. Sebuah kejadian yang berbanding terbalik yang dikabarkan oleh @al, teman dari kota Ambon, yang dilaporkan melalui jejaring sosial.

Hal yang biasanya disebut dengan partisipasi peran Citizen Journalism (Jurnalis Warga), mendorong @manda_mande (penyiar radio swasta, sekaligus peran utama film ini) melakukan sebuah ‘perjalanan dokumentasi’ untuk menelusuri faedah (manfaat) kegiatan jurnalis warga melalui jejaring sosial. Tak hanya itu, kegiatan komunitas yang bersifat sosial dan bertujuan membangun tak luput dari dokumentasi perjalanannya.

Mulai dari kota Ambon, Tasikmalaya, Yogyakarta, bahkan Jakarta, jejak perjalannya terekam dengan baik. Disuguhkan dalam sebuah film pendek yang berdurasi tidak lebih dari 1½ jam. Film ini, tidak hanya menceritakan partisipasi blogger bersama komunitasnya, namun juga banyak menyajikan kegiatan kecil namun besar manfaatnya. Contoh kecilnya, sajian informasi dari sebuah desa yang mewartakan untuk warga dan isinya dari warga itu sendiri.

Salah satu sudut kampung yang bernama “Kampung Cyber“, 90% warganya sudah menggunakan layanan internet untuk membantu kegiatan kesehariannya. Hasil produksi yang berupa batik, terjual hingga ke mancanegara hanya dengan fasilitas RT/RWnet secara mandiri.

Hal yang menurut saia sangat menarik dari keseluruhan film, aktivitas penjaga air yang mampu menggerakkan massa hanya berbekal dari sebuah hp produk lokal (china). Hebatnya lagi, dari hp berkamera yang sangat murah, memberikan manfaat yang begitu besar bagi warga sekitar ujung barat pulau Jawa ini. Secara pribadi, saia sangat salut dengan kreativitasnya! Ternyata, bukan smartphone yang menjadikan pemiliknya tambah smart, tergantung dari penggunanya. Semakin pintar penggunanya, hp apa pun bisa menjadi lebih pintar daripada smartphone yang ada.

Saia yakin, ulasan yang dapat saia tuliskan disini mungkin kurang lengkap. Namun yang dapat saia sarankan kepada anda semua, “Tontonlah Film Ini!” Isinya sangat informatif dan sangat bermanfaat bagi siapa saja. Walau anda yang merasa sebagai penggiat sosial, film ini akan membuka wawasan anda lebih luas akan pemanfaatan jejaring sosial.

Film “@limassa2” yang diproduksi oleh ICTwatch dan saweran dari teman-teman pegiat sosial lainnya, dapat anda peroleh dengan GRATIS. Syaratnya, hanya berkomitmen mengadakan nobar bersama komunitas anda. Menurut informasi dari sumber resminya di @LINIMASSA Documentary Movie, akan diadakan nobar serempak pada tanggal 3 November 2012, jam 17:00 – 23:00 WIB. Pastikan komunitas anda tidak ketinggalan untuk turut gabung bersama nobar serempak ini. Kenapa? Anda dan komunitas akan merasakan dampak kelebihan manfaatnya. Percayalah! Jika tidak percaya, silahkan follow @gajahpesing deh.. :p

Dari ujung Halmahera, Sampai tenggara jauh, katong samua basudara…

nb: Terima kasih kepada Donny BU dan tim @internetsehat yang sudah mengizinkan saia untuk menonton film ini.

Iklan

5 pemikiran pada “#linimassa2 by @internetsehat

  1. Keren banget #Linimassa2 semoga bisa berdampak baik bagi yang menontonnya. juga bisa memanfaatkan lebih optimal dari kapasitas sebagai penggerak citizen.
    dan bisa memberi dampak positif untuk lingkungan sekitar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s